Selasa, 12 Juni 2012

CPU

           CPU adalah sebuah unit proses yang paling utama dalam sebuah perangkat komputer. CPU menjadi bagian penting dalam proses kerja komputer.
Proses kerja komputer itu sendiri adalah untuk mengendalikan seluruh kegiatan pengolahan data dimulai dari membaca data dari peralatan, mengolah data sampai pada mengeluarkan informasi data yang telah dibaca dan diolah tadi. Tugasnya adalah melakukan proses yang menjalankan segala rutinitas yang berhubungan dengan matematika dan perbandingan secara logika.
Sementara itu, bagian lainnya biasa disebut dengan CU (Control Unit) yang bertugas untuk mengontrol semua peralatan lainnya di dalam komputer. Berikut adalah pengertian lengkap CPU secara keseluruhan dan hal-hal yang tersimpan dalam CPU.

        CPU merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi – instruksi dari program dan memproses data seperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan untuk menjalankan suatu tugas tertentu.
CPU adalah prosesor mikro yang terbuat dari jutaan transistor microscopic dalam suatu circuit pada suatu chip.
       Chip adalah kumpulan komponen – komponen elektronik yang sangat kecil. Chip dapat melakukan proses seperti perhitungan arithmatika, membentuk garis, image (gambar), dan suara.
CPU memiliki 2 komponen utama, yaitu :

1. Control Unit Bagian Control Unit ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas komputer. Control unit diidentifikasi (disamakan) dengan bagian otak manusia yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatannya, seperti bekerja, bermain, belajar, dan sebagainya. Semua kegiatan/aktivitas komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh Control Unit.
Control ini tidak menjalankan instruksi – instruksi sebagaimana otak tidak menjalankan kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar, dsb. Tetapi control unit hanya mengawasi saja.

2. Arithmatic-Logic Unit (ALU) Bagian ALU ini berfungsi melakukan perhitungan/operasi aritmatika dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, terdiri dari : penambahan (addition), pengurangan(substraction), perkalian (multiplication), dan pembagian (division). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar